Kenali Sejak Dini Gejala Kolesterol Tinggi Di Usia Muda



Kenali Sejak Dini Gejala Kolesterol Tinggi Di Usia Muda

Semua orang pasti mengenal satu gangguan kesehatan yakni kolesterol tinggi. Dari penyakit kolesterol tinggi bisa memberi efek buruk terhadap kesehatan. Jika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu mengendap dan tak ada upaya pencegahan kemudian memunculkan gangguan di dinding arteri, aliran darah ke jantung menjadi tak lancar, aliran darah ke otak kurang lancar, dan mengakibatkan stroke.

Sebenarnya gangguan kolesterol bisa dicegah sejak dini dengan cara menjaga kesehatan tubuh, berolahraga rutin hingga mengatur pola makan. Akan tetapi dari banyaknya penderita kolesterol tinggi tidak hanya usia tua saja, melainkan di usia muda juga bisa menderita kolesterol tinggi.

Jadi, tidak banyak anak muda mengenali gejala kolesterol tinggi tersebut sehingga dampaknya baru terasa setelah beberapa tahun.
Maka dari itu, agar Anda khususnya usia muda bisa mencegah tingginya kolesterol bisa mengenali beberapa gejalanya berikut ini.

kenali sejak dini gejala kolesterol tinggi di usia muda
Sering Merasakan Sakit Kepala di Bagian Belakang
Pusing biasa dianggap sebagai gangguan sederhana bahkan bisa disembuhkan memakai obat sakit kepala, akan tetapi pada kasus gejala kolesterol tinggi rasa pusing sangat berbeda dimana lokasinya di bagian belakang kemudian tidak hilang meskipun mengkonsumsi obat.

Rasa sakit di kepala terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol tinggi. Jadi saat Anda mengalami gejala pertama ini segera konsultasi ke dokter.

Telinga Berdengung dan Pandangan Mata Kabur
Berikutnya bisa terlihat dari pandangan mata cenderung kabur atau buram ditambah telinga sering berdengung. Penumpukan kolesterol bisa memberi dampak kurang baik terutama membuat telinga berdengung ditambah pandangan mata kabur.

Kondisi telinga berdengung diakibatkan hilangnya elastisitas bagian dalam  kemudian kinerja mata bisa berkurang akibat aliran darah kurang lancar, sehingga pandangan menjadi kabur.

Rasa Kesemutan di Bagian Tangan dan Kaki
Seringkali kita merasakan kesemutan di bagian tangan dan kaki. Rata-rata rasa kesemutan terjadi akibat sistem syaraf mengalami masalah terutama dalam mengirim sinyal ke otak. Namun, Anda perlu mewaspadai dari gejala satu ini bisa menjadi awal gangguan kolesterol tinggi.

Aliran darah pada bagian kaki dan tangan menjadi kurang lancar, jika Anda terlalu sering kesemutan di bagian kaki dan tangan perlu waspada atau segera periksakan ke dokter, agar lebih tepat dalam penanganan dan pemberian obat kolesterol tinggi

Rasa Nyeri di Bagian Dada
Gejala kolesterol tinggi yang sering muncul adalah rasa nyeri di bagian dada. Kondisi bagian dada terasa nyeri mengindikasikan jumlah oksigen di dalam darah tidak melimpah sehingga bagian jantung akan bekerja ekstra untuk mendapatkan oksigen. Tidak hanya di bagian dada saja, jika rasa nyeri tidak mendapat penanganan maka rasa nyeri bisa menjalar ke bagian leher.

Mudah Lelah
Tanda dari kolesterol tinggi juga memberi efek buruk pada metabolisme tubuh sehingga kondisi tubuh akan mudah lelah. Kinerja sel tubuh serta organ lainnya akan terganggu karena banyaknya kolesterol di pembuluh darah. Proses metabolisme tubuh membutuhkan oksigen, maka dari itu tubuh akan merasa lelah jika kadar kolesterol tubuh sangat tinggi.

Kuku Berubah Jadi Lebih Gelap
Tingkat kolesterol tubuh terlalu tinggi akan membuat bagian kuku berubah warna menjadi lebih gelap. Bisa Anda amati warna kuku jari, jika berwarna gelap menjadi lebih hitam atau kebiruan ditambah munculnya garis-garis bisa jadi tanda kadar kolesterol Anda sedang tinggi. Pasokan darah kurang lancar menjadi penyebab bagian kuku berubah lebih gelap.

Ulasan mengenai gejala kolesterol tinggi di atas bisa jadi tanda awal dimana Anda harus berhati-hati agar tidak mendapat permasalahan serius akibat kolesterol terlalu tinggi.

Posting Komentar untuk "Kenali Sejak Dini Gejala Kolesterol Tinggi Di Usia Muda"