5 Makanan Ini Dikenal Sebagai Makanan Diabetes Ampuh Menyembuhkan Diabetes



5 Makanan Ini DikenalSebagai Makanan Diabetes Ampuh Menyembuhkan Diabetes



Diabetes adalah suatu kondisi dimana gula darah didalam tubuh telah naik melebihi batas normal yang dikarenakan pola makan tidak sehat, seperti misalnya mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tidak berimbang, terlalu tinggi karbohidrat, ataupun terlalu banyak gula.

Hal ini dikarenakan makanan tidak sehat tersebut berpotensi untuk melepas lebih banyak kadar gula darah dalam tubuh. Apabila sudah seperti ini tentu insulin tidak akan sanggup mengolah semua gula menjadi tenaga dan akhirnya muncullah penyakit diabetes.

Memang sebaiknya kita harus sedini mungkin menerapkan pola makan sehat. Namun bagi orang-orang yang sudah terlanjur terserang diabtes bisa segera mengkonsumsi makanan sehat penurun kadar gula dalam tubuh atau yang bisa juga disebut sebagai makanan diabetes.

5 Makanan Diabetes yang Wajib Dikonsumsi bagi Penderita Diabet

1.  Bayam

bayam makanan untuk penderita diabetes



Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard pada tahun 1945 mengemukakan bahwa sayur bayam memiliki kandungan Nutrisi Lutein yang sangat tinggi. Nutrisi Lutein sendiri memiliki khasiat yang sangat baik untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapapun, khususnya para penderita diabet.

Selain itu kandungan nutrisi, serat, vitamin, mineral, kalsium, dan zat besi dalam sayur bayam tergolong sangat tinggi. Bagi penderita diabet tentu hal ini sangatlah baik karena bisa mengakomodir seluruh kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

2.  Minyak Zaitun

minyak zaitun makanan untuk penderita diabetes
Minyak zaitun juga merupakan makanan diabetes yang wajib dikonsumsi bagi penderita diabet. Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar lippoprotein. Kandungan lippoprotein berpotensi untuk menimbun lemak jahat dalam tubuh sehingga semakin memperkeruh kondisi penderita diabetes.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin sebanyak 2 sdm setiap harinya dijamin kadar lemak jahat akan menurun dan kadar gula darah penyebab diabetes juga berangsur-angsur akan menurun.

3.  Bawang putih

bawang putih makanan bagi penderita diabetes
Bawang putih memang sudah terkenal memiliki 1001 manfaat untuk tubuh, mulai dari menurunkan kolestrol, membunuh sel kanker, dan menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu mengkonsumsi bawang putih sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit diabetes ataupun yang sudah terlanjur terserang penyakit diabetes.

Tingginya kandungin protein, vitamin A, dan vitamin B1 sangat berperan dalam menormalkan kadar gula darah. Bahkan menurut penelitian, senyawa alisin yang muncul dan menguat saat bawang putih dimemarkan sangat baik untuk mengurangi gejala diabetes.

4.  Acai Berry

acai berry makanan untuk penderita diabetes

Acai berry dan seluruh buah yang masuh satu famili dengan buah berry lainnya memang terkenal kaya akan kandungan antioksidan. 

Terlebih pada Acai berry yang memiliki kandungan antioksidan, omega-3, dan omega-6 yang tinggi tentu menjadi suatu kombinasi sempurna untuk menormalkan kadar gula darah dalam tubuh dan menyembuhkan kerusakan sel penyebab diabetes.

5.  Yoghurt tanpa lemak

Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi camilan yang enak? Terbukti bahwa Yoghurt tanpa lemak adalah camilan yang lezat dan aman bagi para penderita diabetes. Hal ini rupanya juga diamini oleh Dr. Frank Hu, seorang Peneliti Bidang Nutrisi dan Epidomologi di Universitas Harvard. 

Dirinya mengatakan bahwa Yoghurt tanpa lemak bisa menurunkan resiko diabetes hingga 18% apabila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Konsumsilah 5 makanan diabetes di atas dan kombinasikan pula dengan beragam makanan sehat lainnya. Pastikan Anda juga selalu mengontrol kadar gula dalam tubuh, dan apabila tetap tinggi sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Posting Komentar untuk "5 Makanan Ini Dikenal Sebagai Makanan Diabetes Ampuh Menyembuhkan Diabetes"