Gejala Umum Rematik


Gejala Umum Rematik

Pada awal pemeriksaan penting ditanyakan riwayat penyakit rematik yang telah dideritanya. Timbulnya peradangan (inflamasi) menandakan adanya reaksi tubuh terhadap infeksi, antigen, atau akibat suatu trauma. tanda-tanda radang pada sendi biasanya tampak berupa bengkak (tumor), merah (rubor), panas (kalor), nyeri (dolor), dan gangguan fungsi (functiolaesa). lebih lengkapnya gejala umum penyakit rematik sebagai berikut :

Nyeri sendi

Nyeri sendi merupakan keluhan utama pada penyakit rematik. tempat yang paling nyeri perlu dicari dan diketahui. bila radiks saraf tertekan oleh proses rematik, rasa nyerinya bisa menjalar sampai ke tempat yang jauh.
Bedakan juga antara nyeri mekanis dengan nyeri akibat infla-masi. Nyeri mekanis timbul setelah aktivitas dan akan menghilang setelah istirahat serta tidak timbul pada pagi hari. Nyeri inflamasi akan timbul lebih berat pada pagi hari saat bangun tidur. Nyeri ini disertai kaku sendi atau nyeri hebat pada awal gerak dan berkurang setelah melakukan aktivitas.

Kaku sendi

Kaku pada sendi bisa terasa seperti terikat karena sukarnya menggerakkan persendian. Kekakuan timbul pada pagi hari atau setelah beristirahat dan berkurang setelah digerak-gerakkan. Kekakuan ini umumnya timbul akibat desakan cairan di sekitar jaringan yang meradang, seperti di kapsul sendi, sinovia, atau bursa.

Bengkak sendi
Sendi yang meradang biasanya membengkak. Bengkak kadang disertai warna kulit di sekitarnya menjadi merah dan panas bila diraba. Bengkak pada sendi dapat disebabkan karena adanya cairan atau proses peradangan di jaringan lunak dan tulang. Cairan sendi yang terbentuk pada proses peradangan akan menumpuk di sekitar kapsul sendi dan menyebabkan kekakuan.

Gangguanfungsi

Sendi yang meradang biasanya disertai tekanan yang meninggi di dalam sendi (intraartikuler) sehingga timbul rasa nyeri. Untuk mengurangi rasa nyeri, biasanya posisi persendian sedikit ditekuk. Akibatnya sendi yang sakit tidak dapat berfungsi normal dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sendi goyah

Sendi bisa goyah atau tidak stabil bila mengalami trauma atau radang pada ligamen dan kapsul sendi. Hal yang sama juga bisa terjadi akibat kerusakan rawan sendi atau sobeknya (ruptur) ligamen. Sendi goyah sering terlihat pada penderita osteoartritis di lutut.

Sendi bunyi (krepitasi)

Pada reumatik bisa dirasakan bunyi berderak yang dapat didengar atau diraba. Bunyi yang kasar timbul karena kerusakan rawan sendi atau tulang yang bisa didengar dan teraba sepanjang tulang. Bunyi halus terjadi akibat radang pada sarung tendon, bursa atau sinovia, tetapi hanya terdengar dengan bantuan stetoskop.

Pengecilan otot

Sakit yang terlalu lama bisa mengecilkan otot (atrofi) di sekitar sendi tersebut.

Tofi (nodul)

Tofi atau benjolan kecil bisa timbul pada jaringan di bawah kulit. Keadaan ini sering ditemukan pada reumatik gout dan artritis reumatoid. Biasanya, tofi ditemukan pada permukaan ekstensor, seperti di punggung tangan, siku, tumit belakang, dan sakrum,

Perubahan jari dan kuku

Beberapa penyakitsistemik tertentu yang juga menyerang sendi bisa juga menyebabkan kelainan pada kuku, seperti kuku berlubang atau jari tangan yang membesar seperti alat tabuh (clubbing finger).

Kelainan selaput lendir

Kelainan pada selaput lendir (membran mukosa) bisa timbul berupa ulkus di rongga mulut, kelamin, dan selaput lendir hidung. Kelainan seperti ini sering ditemukan dengan atau tanpa gejala, misalnya pada lupus eritematosus sistemik (SLE).

Gangguan mata

Gangguan di mata antara lain episkleritis, skleritis (radang sklera), iritis, iridosiklitis, dan konjungtivitis. Keadaan ini bisa terjadi akibat penyakit reumatik tertentu, misalnya artritis reumatoid.

Gejala tambahan

Pada penyakit radang sendi yang berat bisa timbul panas, berat badan turun, rasa lelah, dan lesu. Kadang timbul kesulitan tidur, terganggunya aktivitas seksual, dan tanda-tanda depresi terselubung seperti mudah menangis, susah buang air besar (konstipasi), murung, dan gerakan yang lambat.

Sumber : Herbal untuk Pengobatan Rematik (dr. Setiawan Dalimartha)

Posting Komentar untuk "Gejala Umum Rematik"