Ramuan Herbal Sakit Asma

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Asma

Asma adalah jenis penyakit yang disebabkan gangguan pernapasan yang terjadi karena faktor yang salah satunya adalah alergi. Penderita asma akut sering merasakan putus asa dalam menjalani proses penyembuhan. 

serangan gejala penyakit asma
Penyakit kambuhan ini sangat rentan terhadap berbagai rangsangan lingkungan. Misalnya, 



  • debu
  • polusi udara
  • perubahan cuaca
  • dan beberapa jenis makanan yang dapat menjadi pemicu utama, seperti udang dan kepiting. 


Mengenali jenis penyakit asma akan sangat berguna untuk memilih metode pengobatan, baik secara medis maupun menggunakan terapi dengan ramuan  herbal untuk obat asma

Serangan asma menyebabkan keluhan sesak napas yang serius dan cukup membahayakan jika tidak diatasi. Asma cenderung dapat diturunkan dalam keluarga (faktor genetik). 

Serangan asma biasanya ditandai adanya infeksi saluran pernapasan yang serius.
Gejala kelainan saluran napas ini menyebabkan peningkatan kepekaan terhadap rangsangan dari lingkungan. 

Faktor lain yang dapat menjadi pemicunya adalah kondisi psikologis yang tidak stabil (stres), kecelakaan fisik, asap rokok, asap kendaraan, dan reaksi alergi dari bahan yang terhirup atau makanan yang dikonsumsi.

Gejala kepekaan biasanya diawali dari anak-anak dan akan menjadi lebih parah setelah dewasa. Lima puluh persen gejala akan sembuh dengan sendirinya, tetapi tidak menutup kemungkinan akan kambuh kembali dengan keadaan yang lebih berat.

Gejala-gejala Penyakit Asma
  1. Terjadi keluhan flu ringan, bersin-bersin, atau batuk-batuk disertai rasa gatal pada tenggorok.
  2. Batuk sulit dikendalikan dan cenderung bertambah parah saat cuaca dingin.
  3. Pada situasi yang lebih berat, serangan sesak napas dan kesakitan saat mengeluarkan udara akan dialami penderita asma.
  4. Denyut nadi akan meningkat, keluar keringat, dan napas berbunyi seperti siulan.
  5. Keluhan sering terjadi menjelang pagi dan akan berkurang setelah pukul 09.00.

Pencegahan Penyakit Asma
  1. Menghindari kelelahan fisik dan gangguan emosional yang serius.
  2. Mengatasinya dengan minum teh rempah agar badan terasa hangat. Hal ini untuk mencegah serangan asma sebelum atau menjelang pagi saat udara mulai dingin.
  3. Menghindari olahraga berat yang dapat memperburuk keadaan dan memicu munculnya serangan sesak napas. Melakukan olahraga ringan secara teratur akan meningkatkan kesegaran fisik, serta membuat otot jantung dan paru menjadi lebih kuat.
  4. Menghindari debu, asap rokok, udang, telur, kepiting, dan terasi yang diduga merupakan pemicu utama penyakit asma.
  5. Menghindari stres atau depresi (beban pikiran yang terlalu berat) karena akan memicu serangan asma.
  6. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah, serta menghindari makanan dan minuman yang mengandung zat pewarna, zat pengawet, dan gula sintetis. Mengonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup secara teratur akan memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, terutama infeksi.

Ramuan Herbal untuk Mengatasi Penyakit Asma

Bahan yang disiapkan  : 
  • sambiloto 30 gram 
  • daun randu 30 gram
  • jahe merah 20 gram
  • daun lampes 20 gram
  • dan air 4 gelas (800ml).
 Cara pembuatan          : semua bahan dicuci bersih, diiris atau dirajang kecil, kemudian direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, dan disaring.

Aturan pemakaian        : diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas. Agar rasanya segar, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis.

Jus Buah dan Sayuran untuk Mengatasi Penyakit Asma

Bahan-bahan 
  • lobak 40 gram
  • paprika 40 gram
  • buah pir 1 buah
  • dan air 1/2 gelas (100 ml).

Cara pembuatan            : bahan dicuci bersih, diiris kecil atau dirajang, kemudian dijus hingga lembut.

Aturan pemakaian         :  diminum pada pagi hari sebelum makan.

Selain ramuan herbal asma diatas, herbal propolis dan habbatussauda dapat juga dijadikan pengobatan alternatif untuk mengatasi keluhan penyakit asma.

Penyakit asma yang dipicu oleh faktor alergi terhadap sesuatu, misalnya makanan seafood (kerang, udang, cumi), makanan olahan coklat, debu dll, dapat dicegah dengan cara rutin mengkonsumsi habbatussauda.

Karena habbatussauda mengandung nigellon yang berguna sebagai anti alergi yang sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi keluhan sakit asma.



Propolis memiliki khasiat sebagai anti alergi dan anti oksidan dapat membantu perbaikan dari organ pernafasan seperti paru-paru, hidung, tenggorokan, sinus. Juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu untuk proses penyembuhan penyakit asma secara alami, efektif dan tanpa efek samping.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyakit asma dan cara pengobatannya.

Semoga bermanfaat, terima kasih

1 komentar untuk "Ramuan Herbal Sakit Asma"