Jamur Lingzhi Untuk Rematik

Manfaat Jamur Lingzhi untuk Rematik

Jamur Lingzhi yang dikenal juga dengan nama Ganoderma lucidum (leyss. ex Fr) Karst.
Jamur Lingzhi mengandung ergosterol, coumarin, fungal lysozyme, asam protease, protein yang larut dalam air, asam amino, polipeptidase, polisakarida, dan beberapa mineral (Na, Ca, Ge, Zn, Co, Mn).

Jamur ini rasanya manis, sedikit pahit, bersifat hangat, dan tidak beracun. Masuk meridian jantung, limpa, paru-paru, hati dan ginjal. Jamur lingzhi berkhasiat untuk menyehatkan energi vital dan darah, menghilangkan lembab, pembersih darah, meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun), menguatkan jantung, penenang (sedatif), pereda batuk, dan pereda sesak (antiasmatik). Kandungan dan sifat jamur ling zhi tersebut menjadikan jamur ling zhi bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia

Manfaat dari Jamur Lingzhi digunakan untuk pengobatan rematik akibat lembab dan pengobatan rematik yang disertai penyakit lain, karena lingzhi juga bermanfaat untuk pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar lemak darah tinggi (hiperlipidemia), kencing manis (diabetes mellitus), penyakit jantung koroner, denyut jantung tidak teratur (aritmia), jumlah sel darah putih rendah (leukopenia), hepatitis, sulit tidur (insomnia), dan sesak nafas (asma). Ternyata jamur ling zhi tidak hanya memiliki manfaat untuk pengobatan rematik saja, tapi dapat digunakan untuk pengobatan penyakit lainnya.

Jamur lingzhi oleh bangsa Jepang dinaman reizhi. Jamur ini dijual ditoko obat tradisional Tionghoa dengan berbagai macam kemasan baik berupa potongan jamur kering atau yang sudah diolah dalam bentuk kapsul, tablet, sirup, tincture, atau suntikan.

Resep Jamur lingzhi untuk pengobatan rematik

Bahan yang dibutuhkan : 
Jamur lingzhi kering sebanyak 3-15 gram

Cara pembuatan :
Jamur dipotong-potong tipis, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih hingga air rebusan tersisa 1 gelas. setelah dingin air disaring untuk memisahkan ampasnya.

Cara Pemakaian :
Diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari, masing-masing 1/2 gelas

Demikianlah uraian singkat mengenai kandungan dan manfaat jamur ling zhi untuk kesehatan dan pengobatan rematik. Semoga bermanfaat.
 





3 komentar untuk "Jamur Lingzhi Untuk Rematik "