Gejala, penyebab dan pengobatan alami asam urat

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Alami Penyakit Asam Urat

Asam urat atau artritis gout merupakan hasil metabolisme protein dalam tubuh yang mengalir di peredaran darah. Asam urat terbentuk jika sisa zat dalam tubuh yang kita keluarkan, memecah suatu zat yang disebut purin. 


Purin terlarut dalam darah dan mengalir ke ginjal. Purin dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Kadar asam urat dalam darah dalam keadaaan normal tidak berbahaya. Namun jika terus menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan asam urat tidak bisa dibuang atau dikeluarkan, yang akhirnya menumpuk dalam tubuh dan berkonsentrasi pada persendian. 

Meningkatnya kadar asam urat dalam darah akan menyebabkan pengendapan di persendian dan membentuk kristal kecil, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat, sendi yang terserang akan terasa sakit, nampak membengkak, merah, panas, nyeri/ruam di kulit seperti di tusuk jarum, sakit kepala dan nafsu makan berkurang.

Penyebab penyakit asam urat antara lain kurang olah raga dan pola makan yang tidak tepat adalah faktor utama penyebab timbulnya penyakit asam urat. Faktor lainnya yang turut berperan sebagai pemicu penyakit asam urat adalah stress. 


Ditengah persaingan bisnis dan kerja yang begitu sengit membuat munculnya ketegangan pikiran yang berlebihan sehingga menimbulkan stress, sehingga mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh dan membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar, begitu pula metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Makanan Penyebab Asam Urat
Makanan yang harus dibatasi atau mungkin perlu dipantang jika sudah terkena penyakit asam urat  adalah makanan yang mengandung purin tinggi. 


Contoh makanan yang zat purinnya tinggi antara lain : 
  • jeroan, 
  • ginjal, 
  • hati, 
  • limpa, 
  • paru, 
  • usus,
  • otak, 
  • kikil, 
  • dan torpedo (alat reproduksi hewan). 
  • Juga makanan laut seperti udang, 
  • cumi, 
  • kerang dan kepiting. 
  • Termasuk sayuran yang mengandung zat purin tinggi seperti kangkung, 
  • bayam, 
  • bunga kol, 
  • daun dan buah melinjo.

Berapa kadar asam urat normal?

 
Cek kadar asam urat di laboratorium bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu tes enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada Teknik Biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl.  


Jika hasil cek menunjukan angka diatas batas normal, maka bisa dipastikan Anda sedang menderita kelebihan asam urat atau asam urat tinggi.

Kadar asam urat antara pria dan wanita berbeda-beda. Pada wanita, kadar asam urat normal antara 2,6 – 6 mg/dl. Sedangakan pada pria, kadar asam urat normalnya antara 3,5 – 7 mg/dl. 


Tinggi rendahnya kadar asam urat pada manusia sangat dipengaruhi oleh asupan makanannya. Makanya, para penderita asam urat hendaknya bisa menghindari makanan yang mengandung asam urat tinggi semacam jeroan, bayam dan lain sebagainya.

Gejala penyakit asam urat

gejala sakit asam urat

  1. Nyeri pada sendi, terutama pada ibu jari kaki atau sendi lainnya.
  2. Nyeri sendi yang dirasakan akan semakin berdenyut.
  3. Kulit persendian yang terkena menjadi berwarna kemerahan, mengkilap, dan terasa sakit jika disentuh.
  4. Sendi-sendi yang biasa terkena nyeri gout adalah pergelangan kaki, pergelangan tangan, tendo bagian belakang, tumit, lutut, serta sendi jari kaki dan tangan.
  5. Adanya pembengkakan pada salah satu sendi dengan warna kemerahan, dan disertai rasa yang sangat nyeri dan tidak sembuh dalam waktu 3 hari.
Jika Kita mengalami keluhan seperti diatas segera lakukan pengecekan kadar asam urat di laboratorium untuk memastikan apakah kadar asam urat nya berlebih. Jika hasil pemeriksaan laboratorium menunjukan kadar asam urat tinggi segera lakukan tindakan pengobatan.

Memang umumnya penyakit asam urat tidak menyerang dan langsung parah secara tiba-tiba. Asam urat terjadi secara bertahap dan makin lama makin parah. 

Maka dari itu, penyakit asam urat merupakan penyakit yang perlu diatasi secara cepat sebelum benar-benar menimbulkan penyakit asam urat yang sangat parah. Perlu ketahui, penyakit asam urat bisa juga menyebabkan kelumpuhan.Pengobatan alami penyakit asam urat

Ramuan herbal asam urat pertama

 

Bahan - bahan  : 
  • Jaher Merah 20 gram 
  • daun sendok 20 gram
  • cabe jawa 15 gram
  • temulawak 30 gram
  • mahkotga dewa 20 gram
  • dan air 4 gelas (800 ml).

Cara pembuatan : bahan dicuci bersih, diiris tipis, semua bahan direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian saring.

Cara Pemakaian : Minum 1 gelas pada pagi hari dan sore  1 gelas,  diminum setelah makan.

Ramuan herbal asam urat kedua
Bahan :  daun dewa 30 gram, kumis kucing 20 gram, cengkih 20 gram, bonggol sereh 30 gram, herba anting-anting 30 gram, dan air 4 gelas (800 ml).
Cara pembuatan : Bahan dicuci bersih, diiris atau dirajang, semua bahan direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudain disaring.
Cara Pemakaian : Diminum 1 gelas pada pagi gari dan 1 gelas pada sore hari, diminum setelah makan.

Jus Buah dan Sayuran Untuk Mengatasi Asam Urat
Bahan : Apel  Hijau 1 buah, sari jahe 2 sendok makan, sari temulawak 3 sendok makan, perasan jeruk nipis 2 sendok makan, dan air ½ gelas (100 ml).
Cara Pembuatan : Semua bahan dijus hingga lembut
Cara Pemakaian : diminum 1 gelas pada pagi hari sebelum sarapan. Jika perlu minum 1 gelas pada sore hari.

Pencegahan penyakit asam urat

  1. Menghindari minuman beralkohol dan bersoda.
  2. Mengurangi makanan yang mengandung zat purin yang berkadar tinggi.
  3. Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi bayam, kangkung, tauge, bunga kol, daun singkong, daun dan buah melinjo, buah durian, nanas, dan nangka.
  4. Memperbaiki gaya hidup dan pola makan yang seimbang.
  5. Berolah raga secara teratur 3 kali dalam seminggu, lakukan olahraga minimal 15 menit dan maksimalnya 1 jam.
  6. Minum air putih 8 gelas (2 liter) setiap hari
  7. Menghindari stress dan depresi
Akhirnya, seperti pepatah mengatakan "mencegah lebih baik daripada mengobati", semoga tulisan mengenai penyebab dan pengobatan asam urat ini bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Gejala, penyebab dan pengobatan alami asam urat"